Sewa Hiace Bandung
08211 8888 804

Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Posted by

Dari sekian banyak macam tempat wisata di Solo, berikut ini ada beberapa tempat wisata di Solo yang terbaik dan paling layak dikunjungi. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil atau Rental Mobil Abigail Rental Mobil Bandung untuk mengunjungi Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi

1. Keraton Solo


Keraton Solo menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang sangat wajib dikunjungi saat anda berlibur ke Kota Solo. Keraton Solo ini merupakan salah satu istana Kesunanan Surakarta yang juga adalah peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang masih tersisa, selain Keraton Yogyakarta yang berada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton Solo ini juga sampai dengan saat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal dari Sultan Surakarta beserta keluarga kerajaan. Yang menarik dari tempat wisata di Solo yang satu ini adalah bentuk arsitektur bangunannya yang sangat kental dengan nuansa budaya Jawa. Budaya Jawa Mataram juga masih sangat dijunjung tinggi di kawasan keraton ini, hal ini terlihat dengan masih banyaknya upacara adat dan juga aturan-aturan adat Jawa yang masih digunakan sampai dengan saat ini terutama di kalangan keluarga keraton. Untuk bisa melihat keindahan Keraton Solo ini pengunjung harus membayar harga tiket masuk Keraton Solo yang cukup murah.


2. Pura Mangkunegaran


Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi dua yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta menjadi awal dari berbagai perpecahan di kerajaan di Jawa ini. Kasunanan Surakarta kemudian juga mengalami perpecahan dengan berdirinya Praja Mangkunegaran yang merupakan kerajaan kecil bagian dari Kasunanan Surakarta dengan rajanya Mangkunegoro. Pura atau keraton kecil ini sangat menarik juga untuk dikunjungi kala liburan ke Kota Solo. Karena seperti halnya Keraton Solo, Pura Mangkunegaran ini juga memiliki artitektur bangunan yang sangat menarik dengan arsitektur khas jawa kuno yang masih terpelihara dengan baik. walaupun ukurannya jauh lebih kecil dari Keraton Solo, namun tempat wisata di Solo ini bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang wajib dikunjungi karena selain indah, harga tiket masuk Keraton Mangkunegaran ini terbilang sangat murah.



3. Candi Cetho


Candi Cetho bisa menjadi salah satu tempat wisata di Solo dan sekitarnya yang cukup menarik untuk dikunjungi. Meskipun lokasi Candi Cetho yang sedikit jauh dari pusat Kota Solo yaitu tepatnya di Kabupaten Karanganyar namun justru karena letak Candi Cetho ini yang juga berada di lereng Gunung Lawu di ketinngian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut menjadikan candi Hindu yang satu ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Karena berada di ketinggian, di kawasan Candi Cetho ini kita bisa menyaksikan keindahan Kota Solo dan sekitarnya yang menghampar luas di bawah. Dan yang paling penting di tempat wisata di Solo ini kita bisa menyaksikan sendiri kekayaan sejarah berupa bangunan candi kuno peninggalan nenek moyang kita yang sangat bagus. Berdasarkan sejarah Candi Cetho ini dibangun di sekitar abad ke-15 di masa akhir kejayaan Kerajaan Majapahit yang sempat menguasai sebagian besar wilayah Nusantara.



4. Candi Sukuh


Satu lagi peninggalan nenek moyang kita yang berupa bangunan candi bersejarah yaitu Candi Sukuh. Candi kecil ini bisa menjadi salah satu rujukan wisata di Solo dan sekitarnya karena juga memiliki keindahan yang tidak kalah dari candi-candi besar lainnya. Seperti Candi Cetho, Candi Sukuh juga berada di Kabupaten Karanganyar yang letaknya kurang lebih 40 kilometer dari Kota Solo. Selain itu Candi Sukuh juga berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Hal ini tentu saja juga menjadikan kawasan wisata Candi Sukuh berudara sangat sejuk khas pegunungan.

Daya tarik wisata Candi Sukuh selain dari keindahan lokasinya, juga tentu saja adalah keindahan bangunan candi itu sendiri. Candi yang dibangun di sekitar awal abad ke-15 ini memang terkenal karena keunikan bangunannya. Bentuk candi Hindu ini berupa punden berundak mirip seperti piramida yang berukuran kecil. selain itu Candi Sukuh ini terkenal sebagai candi yang sedikit erotis dan nyentrik, hal ini karena banyak ditemukannya arca meupun relief yang menggambarkan alat kelamin pria maupun wanita, bahkan di beberapa relief terpahat gambar yang sedikit berbau seronok. Namun lepas dari itu tempat wisata di Solo ini sangat bagus dan menjadi wisata Kota Solo dan sekitarnya yang wajib dikunjungi.


5. Air terjun Grojogan Sewu


Untuk wisata Kota Solo dan sekitarnya yang berbau alam, Air Terjun Grojogan Sewu bisa menjadi salah satu alternatif wisata alam yang cukp menarik. Walaupun lokasi air terjun Grojogan Sewu ini berada di Kabupaten Karanganyar tepatnya di lereng Gunung Lawu yang beriklim sejuk dan berada di dalam kawasan hutan wisata Tawangmangu, namun tidak menjadikan tempat wisata di Solo yang satu ini sepi dari pengunjung. Walaupun letaknya sedikit tinggi di atas, air terjun ini selalu ramai dikunjungi para pelancong karena keindahannya. Ada beberapa air terjun di tempat ini, dan yang paling besar memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter dari permukaan tanah. Selain wisata air terjun di area Grojogan Sewu ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung, dari mulai taman satwa, kolam renang, sampai dengan wisata kuliner.

Jika anda bingung dalam mencari kendaraan untuk mencapai Tempat Wisata di Solo Yang Wajib Dikunjungi. Anda bisa menggunakan jasa Abigail Rental Mobil Bandung untuk mencapai tempat tempat indah seperti ini. Anda bisa langsung menghubungi kami di:

  • 0878 2251 2252 (Tel)
  • 08211 8888 804 (Tel/WhatsApp)
  • 022 877 83 241 (Fax)
  • abigailrental@gmail.com (email)
  • atau bisa kunjungi website kami di www.abigailrental.com 

 Sumber : http://hargatiketmasuk.com/tempat-wisata-di-solo-terbaik/


Demo Blog NJW V2 Updated at: 12.52.00

0 komentar:

Posting Komentar